Memahami Apa Itu Content Marketing dalam Pemasaran Produk


Pada era ini, digital marketing seperti content marketing atau pemasaran konten menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan. Pemasaran dan konten memang menjadi dua hal yang sangat penting dalam digital marketing. Namun, apakah Anda sudah memahami pemasaran konten secara mendalam? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda!

Apa Itu Content Marketing atau Pemasaran Konten

Pemasaran konten adalah strategi pemasaran dalam membuat serta menyebarkan konten yang relevan, bernilai, dan konsisten demi menarik perhatian audiens yang diinginkan. Di era digital ini, pemasaran konten lebih sering dilakukan di internet melalui platform media sosial ataupun website/blog. 

Peran Pemasaran Konten

Hadirnya pemasaran konten bukan tanpa alasan, berikut ini adalah perannya untuk brand Anda:

1. Strategi Jangka Panjang

Pemasaran konten merupakan salah satu investasi di bidang pemasaran. Mengapa demikian? Pasalnya, konten akan tersimpan di internet dalam jangka waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, usahakan membuat konten yang sifatnya evergreen dan terapkan teknik yang bisa membuat konten bertahan lama di internet.

2. Membantu Mendapatkan Leads dan Conversion

Melalui konten, brand bisa memberikan informasi yang berharga pada pelanggan potensial. Lama kelamaan hal tersebut akan menghasilkan leads dan conversion. Ada empat tahap yang mempengaruhi keputusan pembeli yaitu awareness atau menyadari, research atau mencari tahu, consideration atau mempertimbangkan, dan purchase atau membeli.

3. Membantu Platform Lain

Pemasaran tidak hanya dilakukan di satu channel saja untuk memberikan hasil maksimal. Adanya pemasaran konten mampu menyokong platform pemasaran lain seperti email marketing.

Jenis-Jenis Pemasaran Konten

Setelah mengetahui peran content marketing atau pemasaran konten, selanjutnya ketahui jenis-jenisnya berikut ini:

1. Blog

Jenis pemasaran konten yang pertama yaitu blog. Blog sendiri merupakan jenis konten yang bisa membantu membangun dan mendapatkan traffic ke website bisnis. Konten blog yang dibuat bisa memberikan hasil maksimal jika menggunakan strategi SEO atau Search Engine Optimization. SEO membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencarian.

2. Infografis

Konten berbentuk infografis menjadi konten yang cukup disukai akhir-akhir ini. Pasalnya, infografis menjadi representasi visual sebuah data dan informasi. Penyajiannya informasi kompleks akan lebih mudah dipahami dengan adanya infografis. Selain itu, membaca infografis juga tidak membutuhkan waktu lama sehingga disukai banyak orang.

3. Podcast

Podcast juga termasuk konten yang disukai akhir-akhir ini. Konten berupa video ini bisa didengarkan sambil melakukan aktivitas lain sehingga bisa multitasking. Tujuan dari podcast yaitu menyampaikan informasi secara mendetail. Biasanya berbentuk wawancara atau monolog yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan.

4. Video

Platform berbasis video seperti TikTok dan YouTube menjadi platform yang disukai. Tidak heran jika konten video diminati sampai sekarang. Video menampilkan cara melakukan sesuatu atau menggambarkan cara kerja produk dari brand Anda. Kelebihan video yaitu memberikan visualisasi yang jelas terhadap informasi yang ingin disampaikan.

5. Media Sosial

Terakhir adalah konten media sosial yang memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Konten ini bisa berbentuk QnA (questions and answers), tebak-tebakan, dan lain-lain. Media sosial adalah tempat untuk berkomunikasi langsung dengan audiens.

Itulah pembahasan mengenai apa itu content marketing atau pemasaran konten. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa bekerja sama dengan agensi yang kompeten dan berpengalaman. IDEOWORKS (PT. CIPTA URBAN DARSANA). Agensi yang sudah beroperasi sejak tahun 2012 ini menawarkan layanan yang lengkap. Anda bisa memilih pemasaran konten dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis. Informasi lebih lengkap seputar IDEOWORKS bisa Anda dapatkan langsung di website resminya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Cincin Solitaire Berlian Brilliant Rose

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online